Salahkah menangis?

Pernahkah kita meneteskan air mata?? Pasti pernah menangiskan?. Setiap orang punya hak untuk menangis, bahkan sejak dilahirkan ke dunia kita sudah menangis. Awalnya terpikir untuk nulis ini pas kebetulan juga lagi nangis, terus baca  “ The miracle of Air Mata” buku tentang manfaat air mata. Banyak orang mikir kalau air mata ya cuma air yang mengalir pas kita nangis. Bahasa kerennya menangis itu sebuah bahasa emosional jiwa seseorang misalnya kalau  lagi  galau, kecewa, kesal, bahagia, takut, dan semua peristiwa itu sebagian besar berasal dari mata. Sebuah aktivitas emosional yang sering terjadi adalah menangis dan air mata. Terdapat manfaat dari air mata pada manusia misalnya dari segi kesehatan, dan dari segi psikologis.

Kalau dilihat dari segi kesehatan, keajaiban air mata antara lain dapat membunuh bakteri, dikatakan begitu karena air mata itu hasil dari proses lakrimasi yang berguna membersihkan mata dari gangguan benda asing yang masuk ke mata. Kemudian air mata sebagai pelumas mata, yaitu dapat mencegah terjadinya kekeringan pada air mata. Air mata berguna mengeluarkan racun yang di akibatkan oleh debu atau iritasi. Dari segi psikologis air mata yang dirasakan oleh manusia bisa mengurangi stres, jadi saat orang lagi punya ekspekstasi sama suatu kondisi tapi yang terjadi itu sebaliknya sama kenyataannya. Jadi disini dengan menangis, dan mengeluarkan air mata bisa membantu mengurangi stres. Secara psikologis air mata juga dapat melembutkan hati, air mata menjadikan seseorang berempati, peka sama orang lain dan lingkungan sekitarnya. Kemudian air mata juga mampu menarik simpati, dan melegakan perasaan. Nah itu manfaat dari menangis.

Sekarang pertanyaannya, Apa cukup hanya nangis?. Selama kita hidup, tentu kita mengalami berbagai permasalahan.  Namun menangis tidak akan membuat permasalahan itu selesai, tak jarang bahkan akan membuat permasalahan baru lagi. Manfaat dari menangis dan air mata di atas rasanya tidak akan bermanfaat dengan baik, kalau air mata yang dikeluarkan itu secara berlabihan atau bahkan pura-pura menangis. Menangis berlebihan juga akan menimbulkan sakit kepala, mata bengkak, minder, ketergantungan dengan orang lain. Jadi kita sebagai manusia boleh saja menangis, asalkan tidak berlebihan dah kaya lirik lagunya “Dewa 19 “. Manusia yang paling berpengaruh bagi penduduk dunia juga pernah menangis. Beliau adalah Nabi Muhammad saw., beliau menangis karena sedih saat putra dan putrinya meninggal dunia. Tetapi ingatlah sekali lagi, bahwa air mata beliau jatuh karena kecintaannya kepada Allah Swt. Jadi menangislah karena kita itu manusia atas kecintaan kita kepada Allah Swt.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s